Home > Questions > Merawat Lampu Senter Agar Tahan Lama

Merawat Lampu Senter Agar Tahan Lama

0
0

Lampu adalah salah satu produk rumah tangga yang digunakan dalam penyinaran di malam hari, tentunya sangat penting fungsinya, apalagi sekarang ini masyarakat memang tak bisa jauh-jauh dari cahaya, baik itu di siang atau bahan malam hari, agar aktivitas mereka bisa dilakukan dengan mudah karena adanya penyinaran yang berasal dari listrik ini. Namun dalam kondisi darurat seperti pemadaman biasanya juga diciptakan alternatif produk yang lainnya, diantaranya adalah lampu senter atau emergency lamp.

Lampu darurat semacam ini memang banyak dipakai untuk kondisi-kondisi tertentu, seperti pemadaman yang terjadi di malam hari, sedangkan di satu sisi Anda masih membutuhkan cahaya, maka sebelumnya sudah harus memiliki alat yang juga mampu mengeluarkan cahaya tersebut, namun dalam jarak pandang yang kecil. Ia berasal dari sumber tenaga baterai, ada 2 jenis baterai yang umum digunakan, yaitu:

1. Baterai batangan, baterai langsung yang banyak dijual di pasaran, biasanya untuk jenis yang satu ini dipakai pada lampu-lampu darurat di luar ruangan, beberapa orang yang senang berpetualang atau menjelajah ke pegunungan hingga juga lampu untuk kebutuhan ronda. Mereka menggunakan jenis baterai tersebut karena memang sumber tenaganya tak akan mudah habis meskipun lama digunakan, daya yang dipakai pada lampu ini tergolong sangat kecil.

2. Baterai charger, kebanyakan diantara emergency lamp belakangan ini memang menerapkan konsep yang satu ini, yaitu menggunakan baterai yang pengisiannya dengan cara charger. Sistem charger memungkinkan penggunaannya jauh lebih praktis dan juga hemat. Namun juga tak bisa dipungkiri bahwa penggunaannya sangat terbatas pada waktu. Hanya bisa digunakan hingga beberapa jam saja, selanjutnya jika sudah mati maka tak akan bisa dipakai kembali.

Penting untuk memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lampu senter selain berguna untuk kebutuhan darurat juga bermanfaat bagi yang hobby lakukan pendakian, camping atau kegiatan di lapangan terbuka yang lainnya. agar tak mudah rusak maka berikut ini ada beberapa tips dalam perawatannya, yaitu:

1. Simpan di tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari secara langsung, sistem kelistrikan yang ada dalam lampu tersebut akan mudah rusak jika di dekatkan di tempat yang panas. Sebaiknya simpan di dalam lemari khusus yang mudah untuk dijangkau, sehingga dalam keadaan darurat maka Anda juga bisa dengan mudah menemukannya.

2. Jangan terlalu sering di banting, bagaimanapun produk-produk semacam ini juga sangat rentan mengalami kerusakan, apalagi umumnya body luar hanya terbuat dari plastik atau kaca biasa. Sehingga jika terlalu sering jatuh apalagi pada permukaan yang keras tentunya akan mengalami kerusakan.

3. Lampu yang sudah tidak menyala lagi kemungkinannya baterai mengalami kerusakan, maka segera ganti dengan baterai yang baru. Sedangkan untuk jenis lampu yang dicharger dayanya sudah mulai habis, maka bisa dicharger kembali.

4. Pastikan untuk memperhatikan waktu charger lampu tersebut, hal sepele yang kurang diperhatikan ini mampu membuat lampu tersebut rusak. Sebaiknya batasi waktu charger sehingga jika sudah full maka bisa segera dicabut.

5. Minimal penggunaan sekali dalam seminggu, jangan terlalu lama membiarkannya begitu saja tanpa dipakai, biasanya hal ini justru akan menyebabkan kerusakan pada bagian baterainya, karena tak pernah dipakai dalam supply daya.

Mudah bukan, langkah perawatan tersebut bisa bermanfaat untuk membuat lampu senter Anda tahan lebih lama, meskipun bukan produk mahal, namun jika dirawat dengan tepat akan awet.

Checkboxes
Label 3
Radio buttons
Label 1
Date field
February 27, 2017 5:06 am
  • You must to post comments
Showing 0 results
Your Answer
Guest Author
Post as a guest by filling out the fields below or if you already have an account.
Name*
E-mail*
Website
CAPTCHA*
Enter the characters shown on the image.