Home > Questions > Apa Saja Pentingnya Imunisasi Anak untuk Perlindungan Dari Penyakit

Apa Saja Pentingnya Imunisasi Anak untuk Perlindungan Dari Penyakit

0
0

Imunisasi anak merupakan program untuk mencegah penyakit menular dengan cara pemberian vaksin sehingga resistant terhadap penyakit. Program imunisasi sendiri dimulai sejak bayi hingga anak usia masuk sekolah. Dalam imunisasi, anak akan diberi vaksin dimana telah diisi bakteri atau virus khusus yang sudah dinonaktifkan untuk merangsang imun dan membentuk antibody dalam tubuh mereka. Dengan antibody tersebut, maka akan bermanfaat dalam perlindungan dari bakteri dan virus di masa depan. Umumnya pemberian vaksin dilakukan dengan disuntik dan diteteskan ke dalam mulut, namun ada juga yang disemprot dalam mulut.

Meski bayi baru lahir mendapat antibody dari sang Ibu saat masih berada dalam kandungan, namun kekebalan tersebut hanya berfungsi hingga beberapa bulan saja, atau bahkan dalam hitungan minggu. Setelah itu, bayi akan lebih rentan terhadap penyakit. Dengan dilakukannya imunisasi untuk anak, maka diharapkan agar sistem kekebalan tubuh pada anak akan siap dalam menghadapi penyakit tertentu misalnya campak, polio, cacar dan masih banyak lagi sesuai jenis vaksin.

Namun perlu diketahui bahwa dengan dilakukannya imunisasi, anak-anak akan mengalami sejumlah efek samping seperti demam, mual, pusing hingga hilangnya nafsu makan. Efek tersebut tergolong ringan, lantaran ada beberapa anak yang mengalami efek parah hingga kejang dan alergi. Meski begitu, reaksi tersebut umum terjadi dan tidak semua anak mengalaminya. Biasanya dokter terkait akan memberikan obat anti demam sebagai pencegahan efek samping tersebut.

Namun apabila dokter tidak memberikan obat tambahan, maka sebaiknya Anda berikan pada anak paracetamol atau ibuprofen sebagai langkah untuk mengatasi demam pada anak. Usahakan untuk menghindari obat dengan kandungan aspirin karena bisa menyebabkan lebih banyak gangguan kesehatan pada anak. Lebih baik pertimbangkan lebih lanjut apakah akan dilakukan imunisasi atau tidak dan berkonsultasilah dengan dokter anak yang Anda percaya untuk mendapat solusi terbaik. Ada beberapa imunisasi wajib dan tak wajib untuk anak Indonesia. Pemberian vaksin hepatitis B, campak, polio, DTP dan BCG tergolong sebagai imunisasi wajib dan ada juga imunisasi yang tidak wajib seperti vaksin influenza, tifoid, hepatitis A, HPV dan masih banyak lagi.

Dengan pemberian imunisasi anak yang lengkap, maka perlindungan pada anak pun akan lebih terjaga dari segala penyakit berbahaya. Pastikan untuk mengetahui jadwal waktu imunisasi bagi buah hati kesayangan. Mencegah penyakit tentu lebih baik daripada mengobati nantinya. Selain perlindungan dari dalam, ada baiknya Anda juga memberikan perawatan terbaik untuk kulit luar bayi dengan memberikan produk terbaik yaitu Zwitsal. Dengan Zwitsal, maka kulit bayi akan terjaga, rambut bayi akan tumbuh indah dan bayi akan terhindar dari alergi karena Zwitsal memakai komposisi bahan berkualitas pada setiap produknya.

Untuk info selengkapnya klik disini.

Checkboxes
Label 3
Radio buttons
Label 1
Date field
February 17, 2017 3:44 am
  • You must to post comments
0
0

http://rosyadku.blogspot.com sebuah blog menyajikan tips kecantikan dan kesehatan serta cara menghilangkan jerawat dan bekasnya

  • You must to post comments
Showing 1 result
Your Answer
Guest Author
Post as a guest by filling out the fields below or if you already have an account.
Name*
E-mail*
Website
CAPTCHA*
Enter the characters shown on the image.